Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Tanah dan Lahan, lalu apa perbedaannya?

definisi-tanah-lahan-perbedaan
Definisi Tanah dan Lahan

Ilmu Tanah - Dalam kehidupan sehari-hari kita tentu sering mendengar dan mengucapkan kata 'Tanah' dan 'Lahan'. Tetapi tentunya kita tidak begitu mengamati dan memahami definisi serta perbedaan dari kedua kata tersebut.

Dalam Bab selanjutnya kita akan membahas dua konsep, yakni Konsep Tanah dan Konsep Lahan. Dari mulai definisi, morfologi hingga 'Rumus Matematis' dari keduanya, agar selain kita pahami secara mandalam pengertiannya kita juga akan bisa menghitung untuk kita 'pergunakan' di lapangan.

Sebelum kita bahas secara mendalam, kita ulas sedikit Tanah dan Lahan ini dari sisi definisi. Pertama tanah, Dokuchaiev pada masanya mendefinisikan bahwa tanah adalah benda alami berdimensi tiga (lebar, panjang dan dalam) terletak di bagian paling atas kulit bumi dan mempunyai sifat-sifat yang berbeda dari bahan di bawahnya (Arsyad, 2006).

Bagi kita yang berada di dunia pertanian, maka kita berkeyakinan bahwa secara langsung tanah inilah yang memberikan kehidupan bagi tumbuh-tumbuhan yang kemudian dimanfaatkan oleh kehidupan lain termasuk manusia.

Kedua, Lahan. Definisi lahan menurut Dent dan Young (1981) adalah bagian daratan dari permukaan bumi sebagai suatu lingkungan fisik yang meliputi tanah beserta segenap faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaannya seperti iklim, relief, geologi, dan hidrologi yang terbentuk secara alami maupun akibat aktivitas manusia.

Dari dua definisi di atas, kita akhirnya memahami perbedaan antara Tanah dengan Lahan, dimana tanah merupakan bagian dari lahan itu sendiri. Jika kita bicara tentang Lahan, maka didalamnya sudah termasuk Tanah, ditambah faktor-faktor lainnya.

Sekian dulu bahasan ini, kita batasi dahulu mengenai definisi Tanah dan Lahan. Selanjutnya kita akan ulas secara mendalam, Konsep Tanah dan Konsep Lahan. (*)

Referensi: Dasar-dasar Ilmu Tanah. Karya Syaiful Anwar, Dyah Tjahyandri dan Komaruddin Idris.

Posting Komentar untuk "Pengertian Tanah dan Lahan, lalu apa perbedaannya?"